NEWS
DETAILS
Rabu, 06 Sep 2023 13:01 - Paguyuban Honda Banten

Marc Marquez buka suara terkait insiden yang terjadi pada Francesco Bagnaia di MotoGP Catalunya 2023. Bagnaia diketahui mengalami highside di lap pertama Sirkuit Katalunya, Barcelona, Minggu (3/9/2023). Nahas, ketika terjatuh, kaki Bagnaia terlindas oleh pembalap KTM, Brad Binder.

Pasalnya, Marquez pernah mengalami Crash seperti yang di alami Bagnaia kemarin. Sang juara dunia 8 kali tersebut pernah mengalami highside beberapa kali di sepanjang gelaran MotoGP. Bahkan Marc Marquez sampai mengalami cedera serius yang menyebabkan dia absen hampir 1 musim di ajang balapan MotoGP. 

Kecelakaan Highside sendiri disebabkan karena roda belakang motor tidak terkendali, akibat pengereman roda belakang yang kurang baik atau saat ban belakang yang sebelumnya kehilangan grip tiba-tiba menyentuh trek saat akselerasi. Pada momen tersebut, ban belakang motor selip/terpeleset, sebelum kemudian mencengkeram lintasan lagi untuk memicu daya lecut ke arah sebaliknya.

Marquez pun mengakui dirinya melihat dengan jelas insiden highside yang dialami Bagnaia. Karena itu, The Baby Alien mencoba menurunkan gas karena menyadari ada Bagnaia atau motornya di tengah lintasan. "Saya melihat highside, dan langsung menurunkan gas karena paham bahwa akan ada motor atau pembalap di tengah trek," ucap Marquez dilansir Crash.

Lebih lanjut, Marquez bersyukur insiden itu tak menyebabkan cedera fatal bagi Bagnaia atau pembalap MotoGP yang lain. "Seluruh keluarga MotoGP sangat beruntung hari ini karena Pecco (Bagnaia) terlihat baik-baik saja atau tidak mengalami masalah serius."

"Jadi, kami bisa ikut senang dengan kabar tersebut," tambah juara dunia enam kali itu.

Marquez sendiri finis di urutan ke-13 pada MotoGP Catalunya 2023.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK