NEWS
DETAILS
Jumat, 14 Apr 2023 11:46 - Paguyuban Honda Banten

paguyubanhondabanten.com - Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan mudik dengan menggunakan motor. Meski sebenarnya kurang direkomendasikan untuk perjalanan jauh, namun berbagai hal mengharuskan aktivitas ini terjadi. Untuk mendukungnya, berikut ada beberapa tips mudik dengan motor agar aman dan selamat sampai tujuan.

 

Nah Brosist, berikut Tips Mudik dengan Motor selengkapnya untuk kalian :

 

1. Selalu Pastikan Kondisi Kendaraan

Poin ini akan selalu Anda temukan di setiap artikel yang memberikan tips mudik dengan motor. Mengingat poin ini memang paling penting, maka jangan sampai lupa memastikan kondisi kendaraan saat Anda akan mudik dengan motor. Lakukan servis dan minta teknisi untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda sehingga bisa dipastikan semua bekerja dengan baik dan siap berkendara jarak jauh.

 

2. Istirahat yang Cukup

Selain kondisi kendaraan, kondisi fisik para pengendaranya juga menjadi hal yang harus terus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh untuk sampai di kampung halaman. Ada baiknya para pengendara ini mengatur jam tidurnya sebelum berangkat agar menghasilkan pola tidur yang berkualitas. Pastikan juga untuk beristirahat sejenak di rest area agar tubuh tetap prima. Bila rasa lelah atau mengantuk selama berkendara menyerang, segera berhenti dan gunakan waktu untuk tidur sejenak. Apalagi jika berkendara jarak jauh, maka Anda disarankan beristirahat setiap 1-2 jam sekali.

 

3. Menggunakan Perlengkapan Riding

Jika biasanya Anda hanya berkendara dengan menggunakan helm dan jaket serta celana panjang untuk keperluan harian, maka perlengkapan riding yang layak sangat direkomendasikan untuk aktivitas mudik. Mengapa? Sebab perlengkapan riding akan memberikan proteksi maksimal seperti Sarung Tangan Motor dan Sepatu selama Anda berkendara, sehingga dapat mengurangi terjadinya cedera saat Anda di perjalanan.

 

4. Tidak Membawa Barang Berlebihan

Penting untuk memastikan agar Anda tidak membawa barang berlebihan. Ingat, kendaraan roda dua diperuntukkan bagi dua orang saja pada kondisi ideal. Maksimal, barang yang bisa Anda bawa agar tidak mengganggu perjalanan adalah dua ransel. Anda bisa mengirimkan berbagai barang bawaan terlebih dahulu, sehingga bisa sampai bersamaan saat Anda tiba di kampung halaman.

 

5. Pengisian BBM

Saran ini mungkin terdengar mendasar, tapi sangat direkomendasikan untuk Anda terapkan. Lakukan pengisian bahan bakar saat indikator sudah menunjukkan BBM tinggal seperempat kapasitas tangki motor Anda. Hal ini bisa membantu Anda menghindari resiko kehabisan BBM di jalan, dan menghambat perjalanan Anda.

 

6. Persiapkan Rute Perjalanan

Mempersiapkan rute perjalanan adalah sesuatu yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik, karena hal ini akan menunjang keamanan dan keefektifan para pemudik. Bagi para pengemudi, ada baiknya memilih jalur yang sudah pernah mereka lewati sebelumnya. Sehingga, dapat meminimalisir risiko untuk tersesat dan menciptakan suasana mudik yang nyaman.

 

7. Selalu Menaati Rambu Lalu Lintas

Terakhir yang tidak kalah penting, adalah selalu memperhatikan dan menaati peraturan lalu lintas. Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan benar-benar ditujukan untuk keselamatan dan kenyaman pengguna jalan, maka penting untuk selalu memperhatikannya, dan menaati setiap rambu yang ada demi kenyamanan bersama.

 

Itulah 7 Tips Mudik dengan Motor dengan CARI AMAN dan NYAMAN. Pastikan untuk mengutamakan keselamatan, agar bisa bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK