NEWS
DETAILS
Rabu, 09 Aug 2023 08:12 - Paguyuban Honda Banten

Rem adalah komponen vital pada kendaraan, tak terkecuali sepeda motor. Berfungsi sebagai pelambat laju, komponen rem mutlak dijaga kondisinya. Karena jika gagal fungsi, nyawa taruhannya BroSis. Ada banyak komponen dalam sistem pengereman cakram. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai servis sendiri kaliper rem motor. Kaliper rem adalah komponen yang memberikan tekanan hidrolik pada kampas rem untuk menjepit piringan cakram, guna melambatkan laju motor. Yuk Simak caranya.

  • Bersihkan piston kaliper

Piston kaliper adalah komponen yang paling sering bermasalah pada kaliper. Padahal piston kaliper sangat penting fungsinya untuk mentransfer tekanan hidrolik ke kampas rem. Debu, dan karat adalah sumber utama masalahnya. Jika karat sudah timbul di dinding piston kaliper, maka ia akan macet. Sehingga terjadi pengereman yang tidak seimbang ataupun pengereman yang tidak pakem.

Dan jika kondisi ini dibiarkan, kombinasi debu dan karat tersebut bisa melukai seal piston kaliper, dan membuat kebocoran minyak rem. Alhasil, rem jadi blong BroSis. Cara termudah untuk melepas piston kaliper adalah dengan bongkar kaliper rem dari tabung sokbreker, lalu tekan handle rem hingga piston kaliper turun dan terlepas.

Jika sudah terlepas, bersihkan menggunakan cairan degreaser ataupun solvent. Jika muncul karat, bisa diamplas menggunakan amplas grit 1.500 hingga 1.000. Amplas perlahan dengan dibantu cairan degreaser sebagai sedikit pelumasan. Hindari mengamplas terlalu kuat atau dalam, karena bisa bikin kebocoran minyak rem.

  • Cek seal piston kaliper

Sembari piston kaliper terbuka, kalian bisa cek kondisi seal piston kalipernya, Pastikan tidak ada cacat atau goresan pada bagian karet ini. Bersihkan dengan detergen lembut misalnya deterjen pencuci piring. Hindari membersihkan seal piston kaliper pakai degreaser atau pembersih berbahan solvent, karena bisa membuat seal jadi melar dan piston kaliper tidak bisa terpasang. Jika memang harus diganti, seal piston kaliper umumnya bisa dibeli terpisah. Jika tidak ada versi genuine part, pilih komponen aftermarket yang berkualitas.

  • Bersihkan dan lumasi pin

Posisi kaliper sejatinya harus punya gerak main axial. Kondisi gerak main kanan-kiri inilah yang membuat pengereman jadi maksimal. Jika kaliper motormu tidak bisa gerak kanan-kiri saat terpasang, bisa jadi indikasi pin yang macet. Biasanya kotoran dan karat sumber masalahnya. Cabut dan bersihkan dengan amplas dan cairan degreaser. Setelah bersih, berikan grease agar geraknya lancar dan terhindar dari karat. Bersihkan dan lumasi juga pin kampas rem dan jalur gerak kampas rem, agar bisa bergerak mengikuti tekanan piston kaliper. Jika piston rem macet, biasanya akan terdengar bunyi mendecit. Selamat mencoba ya BroSis.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK