NEWS
DETAILS
Rabu, 09 Aug 2023 13:20 - Paguyuban Honda Banten

Bagi BroSis pengguna motor skutik, pasti BroSis pernah merasakan tarikan awal motor matik anda bergetar. Masalah tersebut biasanya terjadi pada saat motor sedang berada pada RPM rendah yang dapat merambat sampai ke setang kemudi. Jika sudah begitu, tentu mengganggu kenyamanan berkendara.

Lantas, apa penyebabnya? Menurut Honda dalam situs resminya, penyebab ada pada bagian rumah CVT. Pada bagian ini seperti diketahui, ada beberapa komponen seperti V-belt, Weight Set Clutch, Clutch housing, Roller CVT dan CVT spring.

  • V-belt 

V-belt merupakan salah satu komponen penting pada motor dengan sistem transmisi otomatis. v-belt mempunyai peran seperti rantai motor yang menghubungkan gear di crankcase dengan gear di roda belakang. Pada motor matik, v-belt menjadi penghubung puli depan dan puli belakang.

  • Weight Set Clutch (Kampas Kopling Ganda)

Fungsi dari Weight Set atau biasa disebut kampas kopling ganda adalah menghubungkan putaran dari mesin ke roda belakang.

  • Clutch Housing

Clutch housing atau yang biasa disebut dengan rumah kopling, memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran dari V-Belt serta menerima putaran dari kopling sentrifugal yang nantinya akan diteruskan pada roda belakang motor. 

  • Roller CVT

Fungsi roller untuk menekan pulley primer berdasarkan gaya sentrifugal, semakin cepat putaran mesin, roller akan semakin menekan pully primer sehingga membuat v-belt yang terhimpit di pulley primer bisa meneruskan putaran mesin ke pulley sekunder. Pada umumnya roller memiliki ukuran 8 gram sampai dengan ukuran 18 gram.

  • CVT Spring

CVT Spring atau yang dikenal Per CVT yang berfungsi sebagai penekan plat bagian dalam saat terjadi gaya sentrifugal, agar puli sekunder dapat merapat dan roda bisa berputar. Jika di puli primer ada roller yang bertugas mengatur pergerakan diameter puli primer. Nah, di puli sekunder menggunakan sebuah per untuk mengatur pergerakan diameter puli.

Jika gejala gredek terjadi, dipastikan ada salah satu komponen di CVT yang bermasalah. Tetapi penyebab yang biasa terjadi yaitu karena pada bagian kampas kopling ganda, weight set serta mangkok atau clutch housing yang sudah tipis atau aus.

Inilah yang membuat terasa getaran pada saat tarikan awal. Jadi, agar gredek di motor matik BroSis ingin normal, segera bersihkan weight set dan clutch housing tersebut. Apabila setelah dibersihkan tetap tidak ada normal disarankan segera ganti item tersebut di bengkel resmi terdekat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK