NEWS
DETAILS
Jumat, 20 Oct 2023 12:52 - Paguyuban Honda Banten

Bagi para pemotor, helm adalah perlengkapan penting yang wajib dikenakan Ketika berkendara. Menjadi wajib karena helm berfungsi sebagai pelindung kepala bila terjadi benturan. Terlebih saat berkendara jauh alias touring. Semakin jauh perjalanan, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Lantas, helm yang bagaimana yang sebaiknya dipakai saat touring? Yuk BroSis, kita simak sama-sama.

Saat ini begitu banyak model helm yang beredar di pasaran. Namun yang umum digunakan bisa digolongkan menjadi dua yakni helm Full Face dan helm Half Face. Tidak jarang terjadi perdebatan di kalangan bikers perihal tingkat keamanan antara keduanya. Untuk itu, kita bedah terlebih dahulu perbedaannya.

  • Half Face

Helm jenis Half face diciptakan sebagai pelindung kepala, namun tidak untuk bagian wajah. Karena bagian muka pada helm half face hanya dilindungi oleh kaca atau visor. Helm tipe ini menjadi favorit karena lebih mudah dipakai dan dilepas. Saat berkendara jarak dekat, tipe ini kerap menjadi pilihan. Sedangkan untuk perjalanan jarak jauh, helm ini tidak direkomendasi karena masih ada celah yang tidak terlindungi di bagian wajah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, semakin jauh perjalanan, semakin tinggi pula risiko yang bisa terjadi.

  • Full Face

Sesuai dengan Namanya, jenis helm full face memiliki perlindungan yang menyeluruh untuk kepala. Termasuk pada bagian wajah. Tipe helm ini memang lebih bisa diandalkan dari segi perlindungan. Selain melindungi kepala, helm full face juga melindungi dari terpaan angin yang kerap mengganggu konsentrasi rider. Bukan tanpa kekurangan, helm full face dinilai lebih tidak praktis ketimbang half face. Terlebih saat cuaca panas dan ventilasi yang dimiliki helm tersebut tidak mumpuni.

Pun begitu, helm full face adalah yang paling disarankan untuk dipakai berkendara jarak jauh. Karena helm ini lebih meminimalisir risiko bila terjadi benturan. Dalam hal berkendara apapun jenisnya, sisi keselamatan harus menjadi nomor satu. Karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi Ketika kita berada di jalan raya.

Happy and safety riding ya BroSis!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK