NEWS
DETAILS
Senin, 05 Aug 2024 07:15 - Paguyuban Honda Banten

Panic braking atau rem mendadak adalah salah satu respons yang sering terjadi dalam situasi darurat saat berkendara. Meskipun niatnya mungkin untuk menghindari kecelakaan, teknik ini dapat membawa risiko tersendiri jika tidak dilakukan dengan benar. Berikut adalah alasan mengapa panic braking bisa menjadi bahaya dan beberapa tips untuk menghadapinya.

Bahaya Panic Braking

Kehilangan Kendali: Rem mendadak bisa menyebabkan roda terkunci, terutama pada kendaraan tanpa sistem pengereman anti-lock (ABS). Hal ini dapat mengakibatkan kehilangan traksi dan kontrol atas kendaraan, yang meningkatkan risiko tergelincir atau terbalik.

?Risiko Terhadap Kendaraan Lain: Jika panic braking dilakukan tanpa memperhatikan kondisi lalu lintas sekitar, bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan berantai dengan kendaraan di belakang. Pengemudi yang tidak siap untuk rem mendadak bisa menabrak kendaraan di depannya.

Kerusakan pada Sistem Pengereman: Tekanan mendadak pada sistem pengereman dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat pada komponen rem, mengurangi efektivitas pengereman dan meningkatkan kebutuhan perawatan.

Tips Menghindari Panic Braking

Berlatih Mengemudi yang Aman: Memahami cara berkendara defensif dan belajar memprediksi situasi berbahaya dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk rem mendadak.

Gunakan Teknik Pengereman : Jangan sekali – kali, menekan tuas rem dengan keras dan mendadak, hal tersebut bisa menimbulkan efek yang fatal. Urutan yang baik dan benar dimulai dari menutup putaran gas, baru mulai pengereman kombinasi atau mengunakan rem depan dan rem belakang secara bersamaan.

Pertahankan Jarak Aman: Selalu jaga jarak yang cukup dari kendaraan di depan Anda untuk memberikan waktu reaksi yang memadai jika terjadi situasi mendadak.

“Panic braking merupakan respons yang mungkin diperlukan dalam keadaan darurat, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menambah risiko bahaya. Dengan memahami potensi risiko dan menerapkan teknik berkendara yang lebih aman, pengemudi dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan,” ujar Opan Sopandi, Instruktur Safety Riding PT Mitra Sendang Kemakmuran.

Nah, BroSis, mulai sekarang jangan asal main tekan rem ya? Biasakan menggunakan teknik pengereman yang baik dan benar sehingga keselamatan berkendara menjadi lebih terjamin dan tetap #Cari_aman saat berkendara ya BroSis. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK