NEWS
DETAILS
Kamis, 10 Aug 2023 13:21 - Paguyuban Honda Banten

Meskipun sudah banyak beredar pelumas khusus rantai roda, tapi masih banyak ditemukan bengkel umum yang melumasi rantai roda dengan oli bekas. Hal ini sangat tidak dianjurkan BroSis, karena banyak kotoran yang tercampur di dalam oli bekas dan efeknya bisa sangat mengganggu di kemudian hari.

Nah, apa saja dampak melumasi rantai roda menggunakan oli bekas? Yuk kita cari tahu.

  • RANTAI CEPAT AUS

Pertama rantai akan cepat haus, di dalam oli bekas terdapat sisa kotoran dan gram (serpihan logam). Bila digunakan untuk melumasi rantai roda, dikhawatirkan kotoran logam tersebut masuk ke sela-sela rantai dan mengakibatkan rantai roda cepat aus dan memuai. Sehingga harus sering mengatur ketegangan rantai roda. Kalau sudah aus, rantai motor pun rentan putus BroSis.

  • RANTAI CEPAT KOTOR

Rantai roda motor yang dilumuri oli bekas terlihat kurang menarik dan cepat kotor. Pasalnya, kotoran seperti debu bakal lebih mudah menempel di rantai yang dilumuri oli bekas.

  • KOMPONEN MOTOR KOTOR

Oli bekas yang digunakan untuk melumasi rantai roda ini bisa menyiprat ke mana-mana, saat roda bergerak. Ujungnya cipratan oli bekas tersebut menempel dan bikin kotor komponen di sekitarnya.

Oleh sebab itu, agar rantai roda motor awet, sebaiknya dibersihkan dan dilumasi menggunakan chain lube atau pelumas lain khusus rantai roda, yang banyak dijual di pasar. secara rutin setiap 1.000 km atau pemakaian sebulan sekali.

Tapi jika sudah terlanjur memakai oli bekas, permukaan rantai roda perlu dibersihkan dulu. Bisa menggunakan degreaser dan sikat untuk menyapu hingga bersih sisa oli dan kotoran yang menempel di rantai roda. Setelah itu baru gunakan chain lube untuk melumasi rantai roda. Semoga bermanfaat ya BroSis.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK