NEWS
DETAILS
Selasa, 28 May 2024 14:29 - Paguyuban Honda Banten

Meski sepeda motor dengan transmisi otomatis lebih mendominasi jalanan Indonesia, populasi dan penggemar sepeda motor manual tetap saja ada. Salah satu komponen yang hanya dimiliki motor transmisi manual adalah gir dan rantai penggerak roda. Tak ubahnya komponen lain, gir dan rantai sepeda motor juga mesti diganti. Nah, pada artikel ini akan dibahas ciri-ciri gir dan rantai sepeda motor yang sudah harus diganti.

CARA MENGETAHUI GIR DAN RANTAI MOTOR YANG HARUS SEGERA DIGANTI ITU SANGAT MUDAH BROSIS

Kalian tinggal lihat kondisi mata atau bagian yang menyudut pada gir depan dan belakang. Jika kondisi mata gir sudah meruncing bahkan tajam ketika disentuh ujungnya, itu harus segera diganti. Apalagi jika kondisi mata gir sudah melengkung, wah itu sih umurnya gak bakal lama lagi BroSis.

Baik gir depan dan gir belakang, punya ciri yang sama untuk menentukan kapan harus diganti. Namun biasanya gir belakang lebih cepat dan lebih sering diganti dibanding gir belakang. Hal itu terjadi karena umumnya gir depan dibuat dari material yang lebih keras dibandingkan gir balakang.

Sekarang kita ke bagian rantai. Rantai yang sudah perlu diganti punya ciri dari dimensinya yang sudah terlalu mulur atau memanjang. Hal itu bisa diketahui dari setelan rantai pada swing arm, yang sudah terlalu mundur ke belakang. Rantai yang sudah berkarat juga sebaiknya segera diganti, karena sangat rentan macet pada pin dan bush rantai. Pin dan bush rantai yang macet, membuat pergerakan rantai jadi tidak lancar, menimbulkan suara berisik, dan bahkan bisa menyebabkan rantai putus!

Kondisi lain yang menentukan gir dan rantai yang harus diganti adalah susah saat dilakukan penyetelan. Kondisi ketegangan rantai jadi tidak konsisten, sehingga sulit untuk disetel. Kalian juga disarkan untuk melakukan penggantian gir dan rantai secara bersamaan. Hal ini dikarenakan agar seluruh komponen yang saling terkait ini, berada pada kondisi yang seragam. Contohnya jika kalian hanya mengganti rantai, namun kondisi gir sudah aus, maka penggunaan rantai baru tersebut jadi tidak maksimal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK